MENANAMKAN KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Merpina (F54009022), Marmawi ., Yuline .

Abstract


Tujuan penelitian menanamkan kejujuran melalui permainan congklak pada anak usia 5-6 tahun sangatlah penting untuk kehidupan anak dimasa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam perencanaan pembelajaran menanamkan kejujuran guru menanamkan disetiap poses pembelajaran dikelas, guru menggunakan media seperti menonton filem, membaca cerita dan bermain. Permainan yang digunakan dikelas yaitu permainan congklak. Selama proses permainan guru membimbing anak disertai dengan memberikan pujian, guru membimbing untuk berkata jujur dan bersikap jujur selama permainan. Mengelola kelas dengan baik agar anak tidak merasa bosan, serta melakukan evaluasi dan menyusun rangkuman dengan anak ketika akhir pembelajaran.

 

Kata kunci: kejujuran, permainan congklak

 

Abstract: The purpose of the study through the game congklak in still honesty in children aged 5-6 yearsis critical to a child's life in the future. The method used in this study is qualitative and descriptive approach. The result showed that the teachers' lesson plans honesty embed embed learning poses every class, teachers use media such as watching films, reading stories and playing. Games that use the class that congklak game. During the game the teacher guides the child is accompanied by giving compliments, teachers guide to telling the truth and being honest during the game. Manage classes well so that children do not get bored, as well as to evaluate and prepare a summary of the child when the end of the lesson.

Key words: honesty, congklak game

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.