PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PESERTA DIDIK KELAS V SDN KAPUAS HULU
Abstract
Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Inquiri dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 10 Seridan Kabupaten Kapuas Hulu?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika menggunakan metode inquiri peserta didik kelas V SDN Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dan sifat penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Seridan Kabupaten Kapuas Hulu yang berjumlah 10 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dengan alat pengumpulan data menggunakan lembaran observasi, teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Seridan Kabupaten Kapuas Hulu aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata nilai 60,88% (tinggi) meningkat menjadi 66,77 (tinggi) pada siklus II.
Kata Kunci : Aktivitas Pembelajaran Matematika Metode Inquiri.
Abstract : Common problem in observational it is If Inquiri's Method Purpose can increase Participant Studying Activity is taught on Mathematics Learning brazes v at Country Elementary School 10 Seridan Kapuas Hulu?. To the effect this research to describe activity step-up studies mathematics utilize inquiri's method participant teaches to braze V SDN Kapuas Hulu. Method that is utilized in this research is descriptive method with Observational observational Action brazes and collaborative research character. This research is done as much 2 consisting of cycle planning phase, performing, observation and reflection and subjek is this research which is class student V Country Elementary School 10 Seridan Kapuas Hulu that total 10 person. Technics data collecting which is utilized which is direct observation tech with data collecting tool utilize observation ply, analisis's tech data utilizes percentage. menunjukan's observational result that purpose methodics inquiri in Mathematics learning can increase participant studying activity teaches to braze v Country Elementary School 10 Seridan Kapuas Hulu Regencies activity Upstream studies educative participants on i. cycle with averagely assesses 60,88% (high) worked up as 66,77 (high) on cycle II..
Key Concept : Mathematics Learning activity Methodics Inquiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats