PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN BAHASA PADA MURID KELAS IV
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan media permainan bahasa murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Hulu Sungai dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah murid kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Hulu Sungai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus tindakan. Subjeknya guru dan 20 orang murid kelas IV. Teknik penumpulan data adalah format observasi digunakan untuk merekam data proses belajar mengajar yang dilaksanakan serta pengukuran. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan teknik analisis data. Hasil penelitian adalah (1) observasi awal sebelum menggunakan permainan bahasa, rata-rata indikator kinerja membaca pemahaman adalah 43,3%. Setelah menggunakan media permainan bahasa meningkat menjadi 60% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,3% (2) hasil belajar murid pada siklus pertama dengan nilai rata-rata kelas adalah 84,62 meningkat menjadi 87,50 pada siklus kedua.
Kata Kunci: peningkatan, keterampilan membaca pemahaman, media permainan bahasa
Abstract: The problem in this study to improve reading comprehension skills using media language game fourth graders Sekolah Dasar Negeri 03 Hulu Sungai conducted in two cycles, where each cycle consists of: planning, implementation, observation and reflection. The target of this study is the fourth-grader Sekolah Dasar Negeri 03 Hulu Sungai. The method used is descriptive method of research is a form of action research was conducted in two cycles of action. Subject teachers and 20 students of grade IV. The technique is blunting the data format used for recording observations of teaching and learning process data and measurements performed. Furthermore, the data collected was processed and analyzed using data analysis techniques. The study of the initial (1) observations before using the language game, the average reading comprehension performance indicator was 43.3%. After using media language games increased to 60% in the first cycle and increased again in the second cycle to 83.3%. (2) While the learning outcomes of students in the first cycle with the average value of the class is 84.62 increased to 87.50 in the second cycle.
Keywords: enhancement, reading comprehension skills, media language games
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats