PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS VI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah menggunakan model kontekstual kooperatif Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang disajikan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas siswa secara fisik dari base line sebesar 48,4% menjadi 93,25%, selisih antara base line dengan siklus II sebesar 44,85%. Aktivitas mental meningkat dari base line sebesar 16,25% menjadi 78,85% pada siklus II, peningkatan sebesar 62,33%. Aktivitas emosional dari base line sebesar 5,80% pada siklus II sebesar 77,33%, peningkatan aktivitas 62,53%. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil meningkatkan aktivitas siswa pada dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI SD Negeri 07 Delta Pawan Ketapang.
Kata Kunci: peningkatan, aktivitas siswa, kooperatif Jigsaw
Abstract: The aim of research is to know the increasement of students activities in learning social subject after using the Jigsaw Cooperative Learning model. The research method is descriptive which presented by Classroom Action Research. It was done with two cycles in two time meetings. The research aids used were observation sheets. The result shows there are phisical in creasments of students activities from the base line 48,4% became 93,25% with differences between the base line and the scond cycle is 44,85%. The menthal activity is increasing 16,25% became 78,85% from the base line in the scond cycle, it shows 62,33% increasement. Emotional activity is 5,80% became 77,33% and it shows 62,53% increasment. The data shows that by using The Jigsaw Cooperative Learning model can increase for grade VI of SDN 07 Delta Pawan Ketapang.
Key Words: Increasement students activity, Jigsaw Cooperative Learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats