PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS I SD 3 SIANTAN

Siti Esah, Sugiyono ., Suryani .

Abstract


Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Tematik dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di kelas I Sekolah Dasar Negeri 03 Siantan Jungkat?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tematik dalam meningkatkan aktivitas peserta didik murid kelas I Sekolah Dasar Negeri 03 Siantan Jungkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan 2 siklus hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas fisik 92%, aktivitas mental 88%, aktivitas emosional 85%, sedangkan persentase peningkatan atau selisih dari base line ke siklus 2 ialah aktivitas fisik 56%, aktivitas mental 56%, aktivitas emosional 51%. Dari data yang telah diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada setiap siklus.

Kata Kunci: Pendekatan tematik, Aktivitas belajar

 

Abstract: A common problem in this research is how is the application of the Thematic Approach in improving learning activities Learners in elementary school class I Land 03 Siantan Jungkat?. The purpose of the research was to describe the application of the thematic approach in improving the activity of learners pupils of elementary school class I Land 03 Siantan Jungkat. Research methods used in this research is descriptive method. This form of research is research action class. This research was done 2 cycles with the final results of the research are obtained, namely physical activity 92%, mental activity of 88%, emotional activity, 85%, while the percentage of improvement or difference from the base line to cycle 2 is a physical activity 56%, mental activity 56% ,emotional activity 51%. From the data that has been retrieved can be inferred to occur a significant increase in each cycle.

Keywords: Thematic approach,  learning activities


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723