PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Subyek menggunakan pendekatan kontekstual . Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang disajikan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas , yang diimplementasikan sebagai guru kelas sebagai peneliti bekerja sama dengan rekan-rekan . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa . Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus diimplementasikan sebagai dua pertemuan , masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan , pelaksanaan , observasi dan refleksi . Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner kepuasan siswa . Hasil menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Subyek pada pertemuan pertama dari siklus pertama 49,9 % , pada pertemuan kedua di 69,59 % . Aktivitas rata-rata pada siklus I adalah 59,73 % . Rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus II adalah 86,1 % , sedangkan pertemuan kedua adalah 94,0 % , aktivitas rata-rata pada siklus II 90,05 % , meningkat dari awal akhir siklus pertama ke siklus II adalah 30,32 % . Dengan kata lain, peningkatan aktivitas yang terjadi pada akhir penelitian dikategorikan SANGAT TINGGI .
Kata kunci : peningkatan aktivitas belajar, pendekatan kontekstual
Abstract: This study aimed to obtain information about the improvement of students activities in learning Science Subject using contextual approach. This study used a descriptive study presented in the form of Class Action Research, which is implemented as a classroom teacher as researcher collaborates with colleagues. The subjects were fourth grade students totaling 20 students. This study was conducted in two cycles each cycle implemented as two meetings, each cycle includes the stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection tool used in this research is the observation sheets and student satisfaction questionnaire . The results showed an increase of students activities in the learning Science Subject at the first meeting of the first cycle of 49.9 %, in the second meeting at 69.59 %. Average activity in the first cycle was 59.73 %. Average student activity at the first meeting of the second cycle was 86.1 %, while the second meeting was 94.0 %, the average activity in the second cycle of 90.05 %, an increase from the beginning of the end of the first cycle to the second cycle is 30.32 %. In other words, the increase in activity that occurred at the end of the study categorized VERY HIGH.
Keywords: an improvement in the activity of learning , contextual approach
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4833
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats