PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS IV SDN 07 DELTA PAWAN

Ida Rohana, Sugiyono ., Kartono .

Abstract


Abstrak : Peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Delta Pawan Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang sesuai dengan penelitian ini adalah bentuk survei (survey studies). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas fisik rata-rata 42,11%, setelah dilakukan penelitian siklus 1 rata-rata sebesar 76,32% kemudian meningkat lagi pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 92,11% terjadi peningkatan sebesar 50,00% dari baseline kategori cukup tinggi. Aktivitas mental menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari baseline 28,95%, setelah diadakan penelitian siklus 1 rata-rata 59,21% kemudian meningkat lagi pada siklus 2 dengan rata-rata 88,16% terjadi peningkatan sebesar 59,21% dari baseline kategori cukup tinggi. Aktivitas emosional juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari baseline 44,74%, kemudian setelah dilakukan tindakan siklus 1 rata-rata 72,37% kemudian meningkat lagi pada siklus 2 dengan rata-rata sebesar 86,84% terjadi peningkatan sebesar 42,10% dari baseline kategori cukup tinggi.

Kata Kunci : Aktivitas belajar siswa, pembelajaran IPA dan metode inkuiri

Abstract : Increased activity of students in the Natural Sciences learning using the inquiry method in class IV Elementary School District 07 Delta Pawan Ketapang . The method used in this research is descriptive method . Form of research that fits this research is a form of survey ( survey studies ) . The results showed that there is an increase in physical activity an average of 42.11 % , after the first cycle of the research conducted on average by 76.32 % and then increased again in cycle 2 with an average of 92.11 % an increase of 50.00 % of baseline category is quite high . Mental activity indicates that there is a 28.95 % improvement from baseline , after 1 cycle of research held an average of 59.21 % and then increased again in cycle 2 with an average of 88.16 % an increase of 59.21 % from the baseline category is quite high . Emotional activity also showed that there was an increase from a baseline of 44.74 % , then after the action cycle 1 average of 72.37 % and then increased again in cycle 2 with an average of 86.84 % an increase of 42.10 % from baseline category is quite high .

Keywords : Activities of student learning , learning science and methods of inquiry


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723