PENINGKATAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR SWASTA

Veronika F34210636, Kartono ., Sri Utami

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi peserta didik menggunakan pendekatan tematik kelas II SDS Gembala Baik 2 Pontianak Tenggara. Metode penelitian adalah deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian bersifat kolaboratif. Subjek penelitian yaitu guru dan 34 peserta didik. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Alat pengumpul data berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan perhitungan persentase. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil penelitian 1) terjadi peningkatan perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik yaitu siklus pertama memiliki rata-rata 3,23 dan meningkat pada siklus kedua sebesar 3,95 dengan peingkatan 0,72, 2) terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan tematik yaitu pada siklus pertama memiliki rata-rata 3,12 meningkat pada siklus kedua sebesar 3,94 dengan peningkatan 0,82, 3) dengan menggunakan pendekatan tematik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II yaitu pada siklus pertama sebesar 54,90%, meningkat pada siklus kedua menjadi 84,31% dengan peningkatan 29,41%.

Kata kunci: peningkatan motivasi, pendekatan tematik

Abstract: The purpose of the study was to describe the increase in motivation of learners using a thematic approach to class II SDS Good Shepherd 2 East Pontianak. The research method is descriptive, the form of research is action research, collaborative research. Research subjects that teachers and 34 learners. The technique used is the technique of direct observation. Means of collecting data in the form of teacher observation sheets and student observation sheet. The data collected were analyzed by calculating the percentage. The study was conducted by 2 cycles, the results 1) an increase in instructional planning using a thematic approach that first cycle had an average of 3.23 and increased in the second cycle of 3.95 to 0.72 deficits improve, 2) an increase in the implementation of learning approaches that is the first thematic cycle has increased an average of 3.12 on a 3.94 second cycle with an increase of 0.82, 3) using a thematic approach can increase the motivation of learners in the class II on the first cycle of 54.90%, increased in the second cycle to 84.31% with increase of 29.41 %.

Keywords: increased motivation, thematic approach


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats