PENINGKATAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI KELAS II SDS BUDI BAIK PONTIANAK SELATAN
Abstract
Abstrak: Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik (guru) dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.Secara Umum masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan Kreativitas Peserta Didik di kelas II Sekolah Dasar Swasta. Penelitian ini mengunakan Metode Deskritif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas,jenis kualitatif yang dilakukan dalam dua Siklus Tindakan dimana setiap Siklus dilaksakan dua kali pertemuan.Untuk dua siklus peneliti menyusun empat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) untuk empat kali pertemuan. Setelah dilakukan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran tematik sudah terlaksana serta memperoleh hasil dari Siklus I ke Siklus II peserta didik menggalami peningkatan sebagai berikut, peserta didik memiliki kreativitas dalam bertanya menggalami peningkatan 14,39%, peseta didik memiliki kreativitas dalam menjawab pertanyaan menggalami peningkatan 10,58%, peserta didik memiliki kreativitas berinteraksi dengan teman mengalami peningkatan 15,38%, peserta didik memiliki kreativitas dalam melakukan peragaan mengalami peningkatan 12,5%, peseta didik memiliki kreativitas dalam menggeluarkan pendapat menggalami peningkatan 14,42%.
Kata Kunci Kreativitas dan Pendekatan Tematik
Abstract : Learning is a process of interaction of learners with educators ( teachers ) and learning resources in a learning environment . General problems in this research is " How Creativity enhancement of Students in Private Elementary School second grade . This research uses descriptive method in the form of classroom action research , qualitative kind conducted in two cycles Siklus.Untuk two researchers compiled four Lesson Plan ( RPP ) for four meetings . After analyzing the data it is concluded that the increased creativity of learners through thematic learning has been implemented as well as gain from Cycle I to Cycle II students menggalami improvement as follows , learners have asked menggalami creativity in an increase 14.39 % , students have creativity in pesetas answer questions menggalami an increase of 10.58 % , learners have the creativity to interact with friends has increased 15.38 % , learners have to perform a demonstration of creativity has increased 12.5 % , pesetas students have creativity in the opinion menggeluarkan menggalami increase of 14.42 % .
Keyword Creativity and Thematic Approach
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i3.4746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats