PENGGUNAAN ALAT PERAGA PENGGARIS GESER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V
Abstract
Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan alat peraga penggaris geser dapat meningkatkan dan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V MIS Baitul Hikmah Sungai Kakap. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi langsung. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Kemampuan guru menyusun rencana pembelajaran meningkat sebesar 0,6 pada siklus I ke siklus II dan 0,1 pada siklus II ke siklus III. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan, 0.35 pada siklus I ke siklus II, dan 0,2 pada siklus II ke siklus III. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkat setelah menggunakan alat peraga penggaris geser sebesar 14,12 pada siklus I ke siklus ke II, dan 13,58 pada siklus II ke siklus ke III.
Kata Kunci : Alat Peraga Penggaris Geser, Hasil Belajar dan Pembelajaran
Matematika.
Abstract : A common problem in this study is whether the use of visual aids can improve the sliding ruler and student learning outcomes in the material operations of addition and subtraction of integers in class V MIS Baitul Hikmah Gammon River . This research method is descriptive , this study is the form of classroom action research . The procedure consisted of planning , implementation , observation and reflection . Engineering studies using direct observation techniques . The tools used for data collection in this study is the observation sheet teachers and students . The implementation of this class action implemented as much as 3 cycles . The results obtained have increased from cycle to cycle . The ability of teachers preparing lesson plans increased by 0.6 in the first cycle to the second cycle and 0.1 in the second cycle to cycle III . The ability of teachers to implement learning has increased , 0:35 in the first cycle to the second cycle , and 0.2 in the second cycle to cycle III . Student learning outcomes are also experienced after using props eningkat sliding ruler of 14.12 in the first cycle to cycle II , and 13.58 in the second cycle to cycle III .
Keywords : Viewer Tool Slide Ruler , Learning Outcomes and Learning
Mathematics .
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats