PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang usaha untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang prosedurnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 01 Mentebah yang berjumlah 34 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data lembar observasi dan tes perbuatan. Penelitian ini dilakukan pada semester satu sebanyak satu siklus dengan tiga kali pertemuan. Pada pertemuan ke I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 46,7%, pada pertemuan ke II rata-ratanya 65,58%, sedangkan pada pertemuan ke III rata-rata hasil belajarnya 76,46%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 01 Mentebah Kapuas Hulu.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Keterampilan membaca puisi
Abstract: This study raised concerns about efforts to improve reading skills using poetry in learning Indonesian demonstration fifth grade elementary school. Method used in this research is descriptive method with classroom action research procedures, including planning, implementation, monitoring and research refleksi. Reseach Object is a Student of SDN 01 Mentebah which totaled 34 people. The technique used in this study is the techniques of direct observation and measurement techniques by means of observation and data collection sheets test actions. The research was conducted in the first half of the cycle by as much as three meetings. At the meeting I gained an average of 47,7% of student learning outcomes, at the second meeting of the average 65,58%, while in the third cycle of the average 76,46% yield learning. This show that the use of demonstration can improve reading skills of students in learning poetry class V Indonesian language SDN 01 sub Mentebah Kapuas Hulu.Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v1i1.466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning
indexed by:
Journal of Equatorial Education and Learning published by
[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .