PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN MELALUI METODE KERJA KELOMPOK KELAS V SDN 01 MENTEBAH
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode kerja kelompok di kelas V SDN 01 Mentebah Kapuas Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya siswa kelas V SDN 01 Kecamatan Mentebah yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes tertulis membuat karangan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan perolehan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 6,55 dan pada siklus sebesar II 7,27. Jadi, penggunaan metode kerja kelompok dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis karangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu.
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Kerja Kelompok
Abstract: The problem this is research is how to increase learning outcomes of students in writing essay on learning Indonesian with the method of group work in class V SDN 01 sub Mentebah Kapuas Hulu. Reseach method used is descriptive method of classroom action research. Subject study class V student of SDN 01 district Mentebah totaling 40 people. Data collection technique of direct observation and measurement techniques. Data collection tool in the form of sheets of observation and writing an essay test. The research was conducted in two cycles with the average achieved learning outcomes in the first cycles of 6.55 and 7.27 for the second cycle. Thus, the use of group work in learning the Indonesian language essay writing materials to improve student learning outcomes fifth grade at SDN 01 sub Mentebah Kapuas Hulu.
Keywords: Learning outcomes, methods of group workFull Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v1i1.465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats