PENANAMAN SIKAP CINTA TANAH AIR MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menanamkan sikap cinta tanah air melalui metode bercerita. Dari 15 anak hanya 5 anak saja yang dapat memahami ciri khas bangsa Indonesia atau dapat peneliti persentasekan sebanyak 33% saja. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif, secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran untuk menanamkan sikap cinta tanah air melalui metode bercerita sudah dapat terlaksana dengan baik. Untuk melaksanakan pembelajaran khususnya dalam sikap cinta Tanah Air pada anak usia 5-6 tahun, hal-hal yang dapat dilakukan antaralain: 1) Dalam perencanan guru dapat mengupayakan media pembelajaran yang dapat memotivasi minat anak dalam belajar seperti menggunakan bahan alam yangterdapat disekitar guna untuk memberikan gambaran .kepada anak dalam mencintai tanah air yang ada dilingkungan sekitar. 2) Dalam pelaksanaan guru dapat mengefesienkan waktu sesuai dengan alokasi yang telah ditentukan guna untuk mencegah kebosanan pada pada anak dalam belajar. 3) Untuk mengoptimalkan anak dalam belajar guru dapat mengupayakan tindakan pendekatan terhadap anak yang masih mengalami kesulitan dalam belajar.
Kata Kunci : Cinta Tanah Air, Metode Bercerita
Abstract : This research is motivated low unpatriotic attitudes in children aged 5-6 years , the low attitude of patriotism in children include the children can not interpret the meaning of the color of the flag , the children can not tell the back story of the flag that had been heard , the children can not create their own story about the red and white flag . Of the 15 children only 5 children are able to understand the characteristic of Indonesia or to researchers persentasekan much as 33 % only . This research is a form of action research with descriptive methods , in general can be drawn a conclusion that : In order to implement the learning, especially in the country of love attitudes in children aged 5-6 years , things to do antaralain : 1 ) In planning the teacher can seek learning media that can motivate a child's interest in learning such as the use of natural materials in order to provide yangterdapat around the picture . loving to children in the existing ground water environment around . 2 ) In the exercise of the teacher can mengefesienkan time according to a predetermined allocation in order to prevent boredom on the child in learning . 3 ) To optimize the child in learning approaches teachers can pursue action against children who are still experiencing difficulties in learning .
Keywords : Love the country, Methods Bererita
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats