PERAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KUE BINGKA

Irum (F31108028), Djamaluddin Asmaoen, Okianna .

Abstract


Penelitian ini berjudul “Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kue Bingka Al-Fajar Di Pontianak” .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan PD Al-Fajar Pontianak dalam mengelola bauran pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri dari produk/product, harga/price, promosi/promosition, dan tempat/place, mengetahui upaya-upaya yang dilakukan PD Bingka Al-Fajar dalam meningkatkan volume penjualan kue bingka, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan kue bingka PD Al-Fajar Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat kualitatif dengan bentuk penelitian analisis dokumen atau analisis isi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi yang dilakukan PD Bingke Al-Fajar Pontianak dalam meningkatkan volume penjualan adalah dengan memerankan strategi marketing mix, yaitu ; (1) Produk, berupa kue bingke basah, (2) Harga, dalam memutuskan harga jual produk,  pimpinan perusahaan berpatokan pada harga BOP (Biaya Operasional Pabrik) tertinggi, (3) Tempat, PD Al-Fajar terletak di jalan Adi Sucipto nomor 155B, Pontianak Tenggara, dan (4) Promosi; dengan memasang iklan di koran, menyebarkan kartu nama dan menyebarkan brosur

Kata kunci : Strategi pemasaran, volume penjualan

Abstract : This study titled "The Role of Marketing Strategies in Increasing Sales Volume Cake Bingka Al-Fajar In Pontianak '. This study aims to determine the strategy pursued PD Al-Fajr Pontianak in managing of the marketing mix (Marketing Mix) consisting of products / product, price / price, promotion / promosition, and place / place, knowing the efforts made ??PD Bingka Al -Dawn in increasing sales volume bingka cake, and determine the factors that affect bake sales volume bingka PD Al-Fajr Pontianak. The method used in this research is a qualitative descriptive method of research form document analysis or content analysis. From the research conducted, it can be concluded that the strategy is done PD Bingka Al-Fajr Pontianak in increasing the volume of sales is to portray the marketing mix strategies, namely: (1) products, such as wet cake bingka, (2) Price, in deciding the price selling products, the company leadership based on the price of the BOP (plant Operating Costs) highest, (3) Place, PD Al-Fajar Adi Sucipto located at number 155B Street, East Pontianak, and (4) Promotion; by advertising in newspapers, spreading the cards name and distributing flyers

Keywords: Marketing Strategy, Sales Volume


Refbacks

  • There are currently no refbacks.