PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IIMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA
Abstract
Abstrak: Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan menggunakan teknik Numbered Head Together (NHT ) pada Pembelajaran IImu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Swasta Amkur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan teknik NHT pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Swasta Amkur Pemangkat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. bentuk Penelitian survei dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpul data adalah teknik observasi langsung dan pemberian soal, Alat pengumpul data yaitu lembar observasi, dan soal-soal tes tentangmotivasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan hasil akhir penelitian yang diperoleh yaitu motivasi intrinsik 39,57% pada siklus I, siklus II 61,25 dan siklus III 81,24%, sedangkan motivasi ekstrinsik yaitu 35,41% siklus I, 64,57% siklus II dan 95,13% pada siklus III, dengan demikian terjadi peningkatan motivasi peserta didik pada setiap siklus.
Kata kunci : Motivasi, IPS, NHT
Abstract : Increasing Motivation Learning Social Sciences IImu cooperative model technique using numbered heads together in Private Elementary School Fourth Grade Amkur . The purpose of this study was to describe the increased motivation of learners using instructional techniques NHT on Social Sciences in Private Elementary School fourth grade Amkur Pemangkat . This study used a descriptive method . Research survey form with the type of classroom action research . Data collection technique is direct observation techniques and about administration , data collection tool that observation sheets , and test questions tentangmotivasi learners. This research was carried out by three cycles with the final results obtained by the study of intrinsic motivation 39.57 % in the first cycle , second cycle and third cycle 61.25 81.24 % , whereas extrinsic motivation is 35.41 % first cycle , 64.57 % cycle II and 95.13 % in the third cycle , thus an increase in motivation of learnersin each cycle .
Keywords : Motivation , IPS , NHT
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats