PERILAKU KONSUMEN TERKAIT TUNGGAKAN REKENING LISTRIK GOLONGAN RUMAH TANGGA 450VA PADA PLN (PERSERO)
Abstract
Judul penelitian ini adalah Perilaku Konsumen Terkait Tunggakan Rekening Listrik Golongan Rumah Tangga 450VA Pada PLN (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen terkait tunggakan rekening listrik golongan rumah tangga 450VA pada PLN (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 15 pelanggan rekening listrik golongan rumah tangga 450VA di Kecamatan Rasau Jaya yang melakukan penunggakan pembayaran rekening listrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewajiban membayar rekening listrik masih menjadi prioritas kebutuhan yang tersampingkan untuk dipenuhi. Hal tersebut disebabkan oleh tidak menentunya pendapatan yang diterima oleh pelanggan sehingga pelanggan mendahulukan pemenuhan kebutuhan yang lebih mendesak. Selain itu kinerja PLN (Persero) dari segi payment point, kualitas listrik dan denda belum maksimal sehingga mengakibatkan ketidakpuasan dan ketidakdisiplinan pelanggan dalam kewajiban pembayaran rekening listrik setiap bulannya.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Tunggakan rekening Listrik, PLN Persero
Abstract: The title of the study is "Consumer Behavior Related to Delinquent Account Household Electrical Group 450VA At PLN (Limited)". This study aims to determine how consumer behavior related to unpaid utility bills, household groups 450VA to PLN (Limited). The research method used is descriptive method with a form of case study research. The subjects were 15 customers electric bills 450VA class households in the district that do Rasau Jaya arrears payment of electricity bills. The results showed that the obligation to pay the electric bill was a priority secondary need to be filled. This is caused by the uncertainty of income received by the customer so that the customer prioritize more pressing needs. Besides the performance of PLN (Limited) in terms of payment point, electric and fine quality is not maximized, resulting in customer dissatisfaction and lack of discipline in the payment of electric bill each month.
Keywords: Consumer Behavior, Unpaid Electricity accounts, PLN LimitedFull Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v1i1.455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats