PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pontianak Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah pertama, kesalahan konsep yaitu kesalahan dalam menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dua bilangan bulat yang sama-sama bertanda negatif dan berlawanan tanda; berikutnya, kesalahan kecerobohan meliputi salah menulis ulang soal, jawaban, tanda operasi hitung; dan terakhir kesalahan dalam memahami soal yaitu kesalahan dalam menentukan langkah penyelesaian soal.
Kata kunci: Profil kesalahan, operasi hitung
Abstract: This research aim is to determine the error profile of students in solving a mixed arithmetic operations of integer on grade VII Junior High School 5 Pontianak in West Kalimantan. The method of research is descriptive research with a case study. Subjects in this study were 5 students. The results of the data analysis showed that the majority of students still make mistakes in solving a mixed arithmetic operations integer. The first type of errors made by the students is concept errors that is the error in determining the results of arithmetic operations of addition and subtraction of two integers are both negative, also opposite in sign marked; the second, careless errors which one rewrite questions, answers, mark arithmetic operations, and the last, test-taking errors that is the error in determining the problem-solving steps.
Keywords: Profile errors, arithmetic operations
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats