PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DIKELAS V SDN 04 NANGA ORAN SINTANG
Abstract
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode inkuiri di Kelas V SDN No. 4 Nanga Oran Sintang?. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, diketahui bahwa secara umum, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tampak masih rendah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan bentuk penelitian kelembagaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan sifatnya adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang yang mengajar di Kelas V dan sebanyak 16 orang peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 04 Nanga Oran Sintang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumenter. Sedangkan alat yang dipergunakan adalah catatan lapangan, lembar observasi dan rencana pelaksanaan pembelajaran serta foto-foto penelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus.
Abstract: The problem in this research is how an increase in the activity of learners in the Natural Sciences learning using inquiry method in Class V Sekolah Dasar Negeri No. 04 Nanga Oran Sintang? . Based on the results of preliminary observations that have been made , it is known that in general , students' learning activities in the learning of Natural Sciences looks still low.
The method used is descriptive research , the institutional form of research. This research is action research , while nature is qualitative . The subjects in this study were teachers who taught in classes V and as many as 16 learners of Class V Sekolah Dasar Negeri No. 04 Nanga Oran Sintang. Data collection techniques in this study is the direct observation and documentary. While the tools used are field notes , observation sheets and lesson plan as well as photographs of the study. This research was conducted as two cycles.
Kata kunci: aktivitas belajar, metode inkuiri, Ilmu Pengetahuan Alam
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4502
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats