PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT PADA MURID KELAS IV
Abstract
Abstrak: Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada murid kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah studi pengembangan sifat penelitiannya kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Perhitungan dilakukan selama 3 siklus, hasil perhitungan menunjukkan rata-rata aktivitas pada baseline aktivitas fisik 38,00%, aktivitas mental 23,33%, aktivitas emosional 38,00%. Siklus I aktivitas fisik 70,24%, aktivitas mental 60,71%, aktivitas emosional 81,25%. Siklus II aktivitas fisik 79,76%, aktivitas mental 71,43 %, aktivitas emosional 85,71%. Pada siklus III aktivitas fisik 92,86%, aktivitas mental 86,90%, aktivitas emosional 91,96%. Berdasarkan data yang telah diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 6 Nanga Masau Sintang.
Kata Kunci: teams, game, tournament
Abstract : Improving Citizenship Education Learning Activities by Using Cooperative Learning Type " Teams Games Tournament ( TGT ) " in grade IV . This study aims to determine the increase in activity of students using cooperative learning TGT . The method used is descriptive method to shape the nature of research is the study of the development of qualitative research and the type of research is action research . The calculation is performed for 3 cycles , the calculation results showed that the average activity in 38.00 % of baseline physical activity , mental activity, 23.33 % , 38.00 % emotional activity . First cycle of physical activity 70.24 % , 60.71 % mental activity , emotional activity of 81.25 % . Cycle II 79.76 % of physical activity , mental activity, 71.43 % , 85.71 % emotional activity . In the third cycle of physical activity 92.86 % , 86.90 % mental activity , emotional activity of 91.96 % . Based on the data that has been obtained , showing that there is an increase in the student activity Citizenship Education learning using cooperative model type Teams Games Tournament ( TGT ) in the fourth grade Elementary School No. 6 Nanga Masau Sintang .
Keywords: teams, games, tournament
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats