PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA PERKALIAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak: Judul penelitian Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Perkalian Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar soal cerita perkalian menggunakan pendekatan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 35 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian adalah 1) Kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaan soal cerita perkalian menggunakan pendekatan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 35 Pontianak Selatan siklus 1 sebesar 3,08 dan siklus 2 sebesar 3,75, dengan peningkatan 0,67. 2) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaan pada siklus I sebesar 3,26 siklus II sebesar 3,89, dengan peningkatan 0,63. 3) Dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah ternyata dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa kelas IV yaitu siklus I sebesar 61,89 pada siklus II sebesar 88,65 dengan peningkatan sebesar 26,76.
Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Pemecahan Masalah
Abstract: this Title Research is " Improvement Of Result Learn Problem Story Multiplication Use Approach Of Trouble-Shooting Of Student Class of IV SD". Research aim to for depicting of is Improvement of result learn multiplication story problem use approach of trouble-shooting of class student of IV SDN 35 South Pontianak. Method the used is descriptive method with form research of class action. Research Subjek is class student and teacher of IV amounting to 37 student. Research executed in 2 cycle. Result of research is 1) Ability of teacher in planning pembelajaan of multiplication story problem use approach of trouble-shooting of class student of IV SDN 35 South Pontianak cycle 1 equal to 3,08 and cycle 2 equal to 3,75, with improvement 0,67 2) Ability of teacher in executing pembelajaan at cycle of I equal to 3,26 cycle of II equal to 3,89, with improvement 0,63 3) By using approach of trouble-shooting in the reality can improve acquirement of result learn class student of IV that is cycle of I equal to 61,89 at cycle of II equal to 88,65 with Improvement of equal to 26,76.
Keywords: Result Learn, Approach of Trouble-Shooting
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats