PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS POST-IT PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 29
Abstract
Abstrak: Pembelajaran yang dilaksanakan guru jarang menggunakan media, hanya memberikan latihan soal, metode pembelajaran kurang maksimal, karena banyak hafalan. Pembelajaran kurang menarik perhatian sehingga peserta didik menjadi cepat bosan dan kurang menguasai materi. Masalah dalam penelitian secara umum apakah dengan menggunakan kertas Post-It dapat meningkatkan keterampilan proses pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 29 Kecamatan Pontianak Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses dengan menggunakan kertas Post-It pada Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru dan peserta didik. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan kertas Post-it dapat meningkatkan keterampilan proses mengkomunikasikan, memprediksi, menginferensi.
Kata kunci: Kertas Post-It, Keterampilan Proses dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Abstract: Learning is held teachers rarely use the media, just give exercises, learning methods less than the maximum, because a lot of memorization. Less attractive learning so that learners become bored quickly and less over matter. Problems in research in general is to use a Post-It can improve the process of learning skills Social Sciences Fourth Grade Elementary School 29 East District of Pontianak. The purpose of this research is to improve the skills of the process by using a Post-It on the Social Sciences. The study used a qualitative approach to the design of classroom action research. Subjects in the study were teachers and learners. Research concluded that the learning process by using Post-it notes can improve the skills of communicating processes, predict, inferance.
Keywords: Paper Post-It, Skills and Learning Process of Social Sciences
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i12.4149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats