PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III SDN 19 SOYONG KABUPATEN MELAWI

Lusia Ita, Sugiyono ., Kaswari .

Abstract


Abstrak :Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimana penggunaan pendekatan inquiry oleh guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN 19 Soyong Kabupaten Melawi?, (b) Apakah dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan eksperimen dalam pembelajaran IPA?, (c) Apakah dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi gerak benda?.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui apakah dengan penggunaan pendekatan inquiry oleh guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN 19 Soyong Kabupaten Melawi, (b) Diharapkan dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan eksperimen dalam pembelajaran IPA, (c) Diharapkan dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi gerak benda dalam pembelajaran IPA.

Penelitian ini menggunakan metode Inquiry dengan rancangan penelitian ini akan dilakukan sebanyak dua putaran. Rancangan penelitian meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Studi pendahuluan dilakukan observasi awal di kelas III SDN 19 Soyong Kabupaten Melawi untuk memperoleh refleksi awal.Tahap perencanaan dilaksanakan dengan merancang prosedur tindakan, dan menentukan bentuk pengamatan tindakan.Tahap pelaksanaan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru.Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dan pertemuan pada setiap siklus.

Kata Kunci :Motivasi, Pendekatan Inquiry, IPA.

Abstract:The problemsto be examinedin this study were: (a) How doesthe use ofinquiryapproachesbyteachersin an effort toincrease students' motivationclass IIISDN19SoyongMelawi?, (B) Istheuse ofinquiryapproachcanincreasestudent motivationtoperform experimentsin science teaching?, (c) Istheuse ofinquiryapproachesto increasemotivation of studentstoask questionsaboutmaterialobjectsmotion?.The purposeofthis study was: (a) Todeterminewhethertheuse ofinquiryapproachesbyteachers canincrease students' motivationclass IIISDN19SoyongMelawi, (b) It is expected thatwiththe use ofinquiryapproachcanincreasestudent motivationtoperform experimentsin learning science, (c) It is expected thatwiththe use ofinquiryapproachesto increasemotivation of studentstoask questionsaboutthe motion of objectsinthe materialscience learning.This study usesInquirytothisstudy designwillbe doneby tworounds. The study designincludespreliminary studies, planning, action, observationandreflection. Preliminarystudiesconductedpreliminary observationsinclassIIISDN19SoyongMelawitoobtainearlyreflections. Planning stagemeasuresimplementedby designingprocedures, anddetermine the formof actionobservation. Implementation phaseis donecollaborativelybetweenresearchersandteachers. Reflectionis doneatthe end of eachlessonandmeetingateachcycle.

Keywords: Motivation, Inquiry Approach, IPA.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723