PERBEDAAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE BERMAIN TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PENJAS

Edward Francisko, Imran ., Isti Dwi Puspitawati

Abstract


Abstract: The purpose of this study: To determine the difference in the
conventional method and the method of playing against penjas study participation.
This research is a form of experimental research is a study to determine the
differences in the methods of learning. This study will compare the two methods
with a conventional play. The population in this study were students in the mild
mental retardation adaptive SLB Asih Dharma Pontianak. Sampling technique
using total sampling technique. Variables in the study consisted of the
independent variables and the dependent variable. Means of data collection using
observation / observation. Furthermore, to analyze the data using manual
calculation. These results indicate that in teaching physical education using
conventional methods only 60% of time spent out of 100%, and its student
enrollment by 23% while playing using only 75% of time spent of 100%, and the
participation of 55 students %. The conclusion of this study was the difference in
the conventional method and the method of playing against student participation
in adaptive learning penjas mild mental retardation in SLB compassion Dharma
Pontianak.
Keywords: conventional methods, methods of play, participatory learning, penjas
Abstrak: Adapun tujuan dalam penelitian ini: Untuk mengetahui adanya
perbedaan metode konvensional dan metode bermain terhadap partisipasi belajar
penjas. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang merupakan
penelitian untuk mengetahui adanya perbedaan terhadap metode pembelajaran.
Penelitian ini akan membandingkan dua metode yaitu konvensional dengan
bermain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa adaptif tunagrahita ringan di
SLB Dharma Asih Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
total sampling. Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas dan variabel
terikat. Alat pengumpulan data mengunakan observasi/pengamatan. Selanjutnya
untuk menganalisis data menggunakan perhitungan secara manual. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan
menggunakan metode konvensional hanya 60% waktu yang digunakan dari 100%,
dan partisipasi siswa nya sebesar 23% sedangkan dengan menggunakan metode
bermain hanya 75% waktu yang digunakan dari 100%, dan partisipasi siswanya
sebesar 55%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan metode
konvensional dan metode bermain terhadap partisipasi belajar penjas pada siswa
adaptif tunagrahita ringan di SLB Dharma asih Pontianak.
Kata kunci : metode konvensional, metode bermain, partisipasi belajar, penjas.

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i11.3935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats