PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV DI SDN 15 PONTIANAK UTARA

A Karim, Sugiyono ., Abdussamad .

Abstract


Abstrak: Belajar aktif merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil pembelajaran yang optimal. Pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Pontianak Utara, ditemukan sebagian besar siswa yang kurang bersemangat, mereka menganggap pelajaran yang sulit dipahami dan dimengerti, terlihat dari hasil belajar yang sangat rendah, nilai rata-rata 63,30 dengan ketuntasan belajar 51,51%..Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70,15, pada siklus II meningkat sebesar 75,61 dengan selisih kenaikan 5,46.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Meningkatkan Hasil Belajar

Abstract: Active learning is a very important factor in supporting students succes in obtain optimal learning result in natural science learning at class IV SDN 15 North Pontianak, it is found that most of student are less enthusiastic, they consider that the lesson is difficult to be understood. Seen by the low learning result, average score 63,30 by learning completeness 51,51 %. The purpose of this research is knowing the implementation of demostration method is able to increase learning result of natural science at class IV SDN North Pontianak. The research method is descriptive method with the research type classroom action researth. The use of demonstration method is able ti increase student learning result at cycle I the average score is 70,15 and at cycle II increase 75,61 with the increment difference 5,46.

Key word: demostration method, increase student learning result


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723