PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN TIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa mobile learning (smarphone) pada pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi, Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan metode research and development dan dimodifikasi dengan desain model Dick and Carey. Dari hasil validasi ahli media, ahli desain dan ahli materi yang menunjukan media pembelajaran mobile learning telah memenuhi kriteria kelayakan dengan respon rata-rata sebesar 4.65. Perolehan hasil siswa sebelum dan sesudah menggunakan media dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test peserta didik sebesar 90,4 ≥75(KKM). Selain itu peningkatan ini juga dapat dilihat dari uji t dua sampel berpasangan yang menunjukan nilai t hitung lebih ≥ t tabel (14,459 ≥ 0, 2909). Besarnya efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning untuk pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi sebesar 2,91, maka termaksud dalam kategori tinggi. Ini berarti diterima dengan baik, teruji, layak digunakan dan memiliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Bhayangkari
Kata kunci: Pengembangan, Mobile Learning
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i8.34761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats