PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III SDN 19 SOYONG KABUPATEN MELAWI

Lusia Ita, Sugiyono ., Kaswari .

Abstract


Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimana penggunaan pendekatan inquiry oleh guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN 19 Soyong Kabupaten Melawi?, (b) Apakah dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan eksperimen dalam pembelajaran IPA?, (c) Apakah dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi gerak benda?.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Untuk mengetahui apakah dengan penggunaan pendekatan inquiry oleh guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN 19 Soyong Kabupaten Melawi, (b) Diharapkan dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan eksperimen dalam pembelajaran IPA, (c) Diharapkan dengan penggunaan pendekatan inquiry dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi gerak benda dalam pembelajaran IPA.

Penelitian ini menggunakan metode Inquiry dengan rancangan penelitian ini akan dilakukan sebanyak dua putaran. Rancangan penelitian meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Studi pendahuluan dilakukan observasi awal di kelas III SDN 19 Soyong Kabupaten Melawi untuk memperoleh refleksi awal. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan merancang prosedur tindakan, dan menentukan bentuk pengamatan tindakan. Tahap pelaksanaan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dan pertemuan pada setiap siklus.

Kata Kunci : Motivasi, Pendekatan Inquiry, IPA.

Abstract: The problems to be examined in this study were: (a) How does the use of inquiry approaches by teachers in an effort to increase students' motivation class III SDN 19 Soyong Melawi?, (B) Is the use of inquiry approach can increase student motivation to perform experiments in science teaching?, (c) Is the use of inquiry approaches to increase motivation of students to ask questions about material objects motion?. The purpose of this study was: (a) To determine whether the use of inquiry approaches by teachers can increase students' motivation class III SDN 19 Soyong Melawi, (b) It is expected that with the use of inquiry approach can increase student motivation to perform experiments in learning science, (c) It is expected that with the use of inquiry approaches to increase motivation of students to ask questions about the motion of objects in the material science learning. This study uses Inquiry to this study design will be done by two rounds. The study design includes preliminary studies, planning, action, observation and reflection. Preliminary studies conducted preliminary observations in class III SDN 19 Soyong Melawi to obtain early reflections. Planning stage measures implemented by designing procedures, and determine the form of action observation. Implementation phase is done collaboratively between researchers and teachers. Reflection is done at the end of each lesson and meeting at each cycle.

Keywords: Motivation, Inquiry Approach, IPA.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723