MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA ANAK KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SEJARUK PARAM

Halomoan Hasugian, Budiman Tampubolon, K.Y Margiati

Abstract


ABSTRAK :Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang materi membuat denah letak benda dengan menggunakan metode discovery learning di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 02 Sejaruk Param yang berjumlah 15 orang. Metode penelitian deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas, sifat penelitian adalah kolaboratif, subjek penelitian guru sebagai peneliti, siswa yang berjumlah 15 orang. Data skor yang dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran,dataskor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, datanilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, lembar observasi dan alat pengumpul data pada observasi langsung adalah tes tertulis. Hasil penelitian skor kemampuan guru merencakan pembelajaran pada siklus I adalah 2,94, sedangkan pada siklus II adalah 3,83. Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 2,78 sedangkan pada siklus II adalah 3,3. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,0 sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,7.

Kata kunci : Pembelajaran matematika, discovery learning, hasil belajar.

ABSTRACT :The general objectiveof this researchistodescribe theincrease instudent learning outcomes inmathematicslearningof the materialmakesfloor planlayoutobjectusing thediscoverylearningmethodinclassVIElementary SchoolDistrict02SejarukParamwhichtotaled 15 people. Descriptiveresearchmethod, a form of researchisaction research,the nature ofthe researchiscollaborativeresearch subjectteachersas researchers, students, amounting to 15people. Datascorescore datacollectedin theability of teachersto plan learning, the datascoresof teachersin implementing the learningability, the datavalue ofstudent learning outcomes. Means of collecting datain this studyis thetechnique ofdirectobservation, observation sheetsanddata collection toolondirect observationis thewritten test. The resultsof teachersplanlearningabilityscorein the first cyclewas2.94,whereasin the second cycleis3.83. Scoreability of teachers toimplement the learningin the first cyclewas 2.78, while in the second cyclewas 3.3. Value ofstudent learning outcomesin the first cycleis62.0while the value ofthe learning outcomesofstudentsinthe second cycleis82.7.
Keywords: mathlearning, discoverylearning, learning outcomes

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats