MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNINGTIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER

A.M Samsul Anuar, Zainuddin ., Hery Kresnadi

Abstract


Abstrak:PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanaktivitasdanhasilbelajarsiswamelaluiModel CooperatifLearningNumberredHeadTogetherpadapelajaran IPS dengan menggunakan metode dekriptif, dalam bentuk Penelititan Tindakan Kelas yang bersifat kolaborasi antara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Selimbau, dalam dua siklus tindakan. Setiap siklusnya terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini secara umum dinyatakan dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dari peningkatan nilai rata-rata hasil tes akhir yang diberikan pada siswa dari siklus 1 yang hanya 63,4 menjadi 70,6 pada siklus 2. Setelah pelaksanaan siklus 1 siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 5 orang ( 25 % ) sedangkan akhir pelaksanaan siklus 2 tidak terdapat siswa yang dinyatakan tidak tuntas dalam pembelajarannya.

Kata Kunci : Model Numberred Head Together

Abstraction: This Research aimto for the mendeskripsikan of resultandactivitylearnstudentthrough Model of CooperatifLearningNumberredHeadTogetheratIesson of IPS byusingmethod of dekriptif, intheform of Penelititan Action Classhavingthecharacter of kolaborasi betweenresearcherwithcollaborator. Thisresearchisdoneto 20 classstudentpeople of V ElementarySchoolCountry 01 Selimbau, intwoactioncycle. Each;Everyitscycleconsist of : planning, execution, observation, and refleksi. Conclusionfromresult of thisresearchisin general expressedcanimprovestudyprocessandresultlearnstudentfrommake-up of averagevalueresult of final tes whichpassedtostudent of cycle 1 whichonly 63,4 becoming 70,6 atcycle 2. Afterexecution of cycle 1 studentwhich do not reachCompleteCriterionMinimizecounted 5people ( 25 ) whileis final of execution of cycle 2 do not thereareexpressedstudentis not completeinitsstudy

Keyword : Model NumberredHeadTogether


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats