PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEHNIK MENCARI PASANGAN KATA DAN GAMBAR

Syf. Juwita, Muhamad Ali, Dian Miranda

Abstract


The purpose of this research is to improve the palnning, implementation of instructional improvement by using match the right word and picture technical can improve fine reading starter skills in children ages Pre-kindergarten (PAUD) AISYAH East Pontianak District 5-6 years. This study uses classroom action research design conducted in two cycles. Each Cycles consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Each cycle in this study conducted three meetings. Object of this study was Pre-kindergarten (PAUD) age children AISYAH East Pontianak District for 15 children 5-6 years consisting 5 girls and 10 boys. Data collection tools such as observation sheets. Researchers determined the percentage of completeness was 73%. Percentage of first cycle there are 5 or 33,3% of the children were able to pronounce letter into phonics and still very good. Percentage of second cycle there are 11 or 73,3% of the children were able to pronounce letter into phonics. Conclusions through the cooperative learning using match the right word and picture technical can improve fine reading starter skills in Pre-kindergarten (PAUD) AISYAH East Pontianak District.

Keyword: The ability of reading starter skills, cooperative learning.

Abstrak : Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan perencanaan, pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan tehnik mencari pasangan kata dan gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus dalam penelitian ini dilakukan tiga pertemuan. Obyek penelitian ini adalah anak usia PAUD AISYAH Kecamatan Pontianak Timur 5-6 tahun sebesar 15 anak yang terdiri dari 5 perempuan dan 10 laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, alat pengumpulan data berupa lembar observasi, dokumentasi. Peneliti menentukan persentase ketuntasan adalah 73%. Persentase hasil siklus pertama ada 5 atau 33,3% dari anak-anak dapat mengeja huruf menjadi suku kata dan tetap sangat baik. Persentase siklus II ada 11 atau 73,3% dari anak-anak dapat mengeja huruf menjadi suku kata. Kesimpulan melalui pembelajaran kooperatif dengan tehnik mencari pasangan kata dan gambar dalam peningkatan membaca permulaan anak dapat meningkat sangat baik di PAUD AISYAH Kecamatan Pontianak Timur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723