PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA MEMINDAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nugroho Notosusanto, Sugiyono ., Asmayani Salimi

Abstract


Kemampuan membaca siswa khususnya memindai masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang menjadi acuan guru dalam pembelajaran yaitu untuk membaca 65, sedangkan yang terjadi rata-rata nilai keterampilan membaca siswa masih dibawah 65, kemudian penggunaan media yang kurang menarik dalam guru menyampaikan materi juga mengakibatkan rendahnya keterampilan membaca siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) peningkatan keterampilan belajar siswa dalam membaca memindai dengan menggunakan media audiovisual?, 2) peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca memindai dengan menggunakan media audiovisual?. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif, terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan, yang setiap pertemuan terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Teluk Pakedai yang berjumlah 13 orang siswa sedangkan teknik dan alat pengumpul data yang digunkan adalah teknik observasi langsung, dan teknik pengukuran berupa hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Kemampuan guru dalam menggunakan media audiovisual dalam keterampilan membaca memindai meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 2,63 dengan kriteria baik kemudian meningkat menjadi sebesar 3,63 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. 2).Hasil belajar siswa membaca memindai dengan menggunakan media audiovisual pada siklus I rata-rata nilai adalah 60,76 sedangkan siklus II nilai rata-rata 70,96 atau meningkat sebesar 10,20 dari siklus sebelumnya.

Kata Kunci: Hasil Belajar, media audiovisual, pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

Abstract: The ability of students to read particular scan is still below the minimum completeness criteria as the reference of teachers in learning to read is 65, while that happens the average value of the students' reading skills are still below 65, then the use of media that are less attractive to teachers delivering the material also results in lower students' reading skills. The purpose of this research is as follows: 1) increase student skills in reading scans using audiovisual media?, 2) improving student learning outcomes in reading scans using audiovisual media?. Implementation of this research uses descriptive method, consists of two cycles with each cycle of the two meetings, which are meetings every stage of the planning, execution, observation, and reflection. Subjects were fifth grade students of State Elementary School 04 Gulf Pakedai totaling 13 students, while the data collection techniques and tools that are used are direct observation techniques, and measurement techniques such as belajar.Hasil results showed that 1). The ability of teachers in the use of audiovisual media in reading skills improved scan of the first cycle an average of 2.63 with both criteria then increased to 3.63 in the second cycle with the criteria very well. 2). Results of student learning to read scan using audiovisual media in the first cycle the average value was 60.76 while the second cycle the average value increased by 70.96 or 10.20 of the previous cycle.

Keywords: Learning Outcomes, audiovisual media, learning Indonesian.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.