PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MODEL MIND MAP KELAS V SDI AL AZHAR PONTIANAK


Abstract


Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Model Mind Map SDI Al Azhar 21 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan model Mind Map di kelas V SDI Al Azhar 21 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Deskriptif, dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan data hasil belajar siswa yang diperoleh dalam observasi siklus I sebesar 70,71 meningkat pada siklus II menjadi 77,14 dan pada siklus ke III menjadi 87,50 Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Mind Map pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terdapat peningkatan. Dengan demikian penggunaan model Mind Map dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VA SDI Al Azhar 21 Pontianak.

Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, model Mind Map

Abstract: The effort of improving the learning result by using the Mind Map model in Science of the student grade five (VA) Al Azhar Islamic Elemetary School 21st Pontianak.The goal of this research is to improve the learning result in Science Learning by using the Mind Map model in Grade five(Va) Al Azhar Islamic Elemetary School 21st Pontianak.The metode which is used in this research is descriptive metode shapes with research class action. Based on the data of the student learning that has been got in siclus observation I is 70,71 in the second siclus become77,14 and in the third second it become 87,50.From the data that has been got,it can be councluded that the using of Mind Map model in learning Science are improved. So that the using of Mind Map model in Learning Science can improve the learning result in garde Five (VA) Al azhar Islamic elementary School 21st Pontianak.

Key words: learning result, Mind Map learning model.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723