PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 49

Chici Purwasi, Asmayani Salimi, Sugiyono .

Abstract


Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 49. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika kelas V SDN 49. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif ,bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dan sifat penelitian yaitu kolaboratif. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan hasil yang diperoleh yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari siklus 1 sampai siklus 3 secara berurutan yaitu 3,25 dalam kategori baik; 3,45 dalam kategori baik; dan 3,62 dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa mulai dari siklus 1 sampai siklus 3 secara berurutan yaitu 62,50; 78,18; dan 85,00. Dari data yang diperoleh, terjadi peningkatan disetiap siklus. Dengan demikian penelitian menggunakan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 49.

Kata Kunci: hasil belajar, metode penemuan terbimbing,pembelajaran matematika

Abstract: The Improvement of Student Learning Outcomes By Used Supervisor Method in Mathematics Grade V SDN 49. The aim of this reasearch was to describe the Improvement of student learning outcomes by using supervisor method in mathematics grade V SDN 49.These research method used descriptive method, the form of this research was Classroom Research Action, and the characteristic of this reaearch was collaboration. This research was in 3 cycles the result of this research were teacherss abillity in teaching started from first cycle to third cycle in order were 3.25 in good category, 3.45 in good category and 3.62 in very good category. The result of student outcomes from the first cycle to third cycle in order were 62.50; 78.18; and 85.00. From the outcomes data, was improved in every cycles. Based on the research by using supervisor method in mathematics able to improved student learning outcomes grade V SDN 49.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats