PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DENGAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Maisah F34210539, Ngatiyo ., Budiman Tampubolon

Abstract


Abstrak:Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Penjumlahan dengan Media Kantong Bilangan di Kelas I Sekolah Dasar.Tujuan, untuk memperbaiki kekurangan pada guru dan nilai hasil belajar siswa dengan †menggunakankantong bilangan pada pembelajaran Matematika tentang penjumlahan. Metode deskriptif.Bentuk, penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif, subjek penelitian guru dan siswa kelas I SDN 13 Toho. Data yang dikumpulkan adalah data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpul data, teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data, lembar observasi dan tes tertulis.Hasil penelitian ini adalah skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus I adalah3,52. Pada siklus II adalah 3,76.Skor kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,14. Pada siklus II adalah 3,94. Dan nilai belajar siswa pada siklus I adalah 61,76. Pada siklus II adalah 90,54. Nilai belajar siswa meningkat, yaitu28,78.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media kantong bilangandapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelasI.

Kata Kunci:††† peningkatan hasil belajar, media kantong bilangan, penjumlahan.

Abstract:The Improvement of Student ResultsinLearningofAddition byNumber Pocket ToolPrimaryI. Theresearch aimsaretoimprove teacherís skillsandstudent learning outcomesbyapplying the number of pocket tool inaddition.This research usesdescriptive method. Form of research;Classroom Action Researchis collaborative, which are Teacher as a researcherandgradeI student ofSDN 13 as subject of research. The collected dataare aboutthe teacherís abilityin planningthe learning process, implementing the learning process, and scoringstudent learning outcomes.The techniques of collecting dataweredirectobservation and measurement technique. Thedata collection toolswereobservation sheetsandwriting testsof studentsí abilityinadd the two digits number.The finding was the score of the ability of teachersto plan learningin the first cycleis 3,52. In the second cycle, the score is 3,76.The scoreof teacherís ability in implementing learning processin the first cycleis 3,14. In the second cycle, the score is 3,94.On the other hand,score ofstudentlearning outcomes in the first cycle is 61,76. In the second cycle, the score is 90,54.The data is increased about 28,78.Itprovesthatapplying the number of pocket toolin Mathematics lessoncanimprove student learning outcomesatprimary I.

Keywords: improved learning outcomes, number of pocket tool, addition.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.