PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TEROPONG PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstark. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Teropong Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar No 8 Siantan Kabupaten Pontianak. Berdasarkan permasalahan yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan teropong pecahan persegi panjang pada kelas V Sekolah Dasar no 8 Siantan Kabupaten Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Deskriftif dengan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Actioan Research. Berdasarkan tindakan yang dilakukan guru terhadap siswa, berhasil dengan baik, hal ini terbukti dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 53,33 meningkat pada siklus 2 menjadi 71,87 dan pada siklus 3 menjadi 85,00. Hal ini berarti pembelajaran matematika dengan menggunakan teropong pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD no 8 Siantan Kabupaten Pontianak.
Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran matematika, media teropong pecahan.
The Improvement of Student Results in Mathematics Learning by Using Binoculars Fraction Tools of Primary 5 Siantan. This research aims to know students results by using binoculars rectangle fraction tools of primary 5 Siantan. The method of this research is descriptive and the form of the research is Calassroom Action Research. Based on the teachers treatment was success, it proved by the average score of students results they were: the first cycle it shows 53,33 improved to second cycle became 71,87 and improved more in third cycle became 85,00. Thus meant that mathematics learning by using binoculars fraction able to improve students result of primary 8 Siantan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats