PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI CERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Margaretha F34211330, Siti Halidjah, Kartono .

Abstract


Abstrak: Peningkatan  Kemampuan  Membaca  Pemahaman  Isi  Cerita
Menggunakan Media Gambar  Pada  Murid Kelas V Di Sekolah Dasar
Negeri  08  Toho.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui
peningkatan  kemampuan  membaca  pemahaman  isi  cerita
menggunakan media  gambar pada murid kelas V  di  Sekolah  Dasar
Negeri  08  Toho.  Metode  yang digunakan  adalah  metode  deskriptif
dengan  rancangan  penelitian  tindakan  kelas  sedangkan  bentuk
penelitiannya  adalah  survei.  Subjek dalam penelitian  ini murid kelas
V SDN  08  Toho  yang  berjumlah  27  orang  dan  guru  (peneliti)  yang
mengajar dikelas V SDN 08 Toho. Teknik data yaitu teknik observasi
langsung  sedangkan  alat  pengumpul  data  yang  digunakan  checklist,
teknik  studi  dokumenter,  tehnik  pengukuran  tertulis,  data  dianalisis
secara kualitatif. Hasil pengamatan peningkatan kemampuan membaca
murid pada  pembelajaran  yaitu  rata-rata  65,56%  pada  siklus  I
meningkat  menjadi  73,70%  pada  siklus  II.  Hal  ini  menunjukan
peningkatan menggunakan madia gambar proses pembelajaran bahasa
indonesia dikelas kelas V SD Negeri 08 Toho dinyatakan meningkat.
Kata kunci: Kemampuan,  Bahasa Indonesia, Media Gambar
Abstract:  Improved Ability Reading  Comprehension Story Content
Using Media Images  On Student In Class V Elementary  School
District 08 Toho. This study aims to determine the increase in reading
comprehension story  content using media images on the  Grade V
pupils in Primary  School 08 Toho.  The  method  used is descriptive
method research  design while  the class action is  a form  of survey
research. Subjects in this  study fifth grade students of SDN 08 Toho,
amounting to 27 people and teachers (researchers) are taught in class
V SDN 08 Toho.  Data Engineering ie direct observation  techniques,
while  the  data collection  tool used checklist,  study techniques
documentary, written measurement techniques, the data were analyzed
qualitatively.  The  observation improved  reading  skills in students
learning an average of 65.56% in the first cycle increased to 73.70% in
the  second  cycle.  This image shows  increased use madia learning
Indonesian Elementary  School fifth  grade class 08 declared Toho
increased.
Keywords: Ability, Indonesian language, Media Images

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.