PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI CERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Abstrak: Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Cerita
Menggunakan Media Gambar Pada Murid Kelas V Di Sekolah Dasar
Negeri 08 Toho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan membaca pemahaman isi cerita
menggunakan media gambar pada murid kelas V di Sekolah Dasar
Negeri 08 Toho. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan rancangan penelitian tindakan kelas sedangkan bentuk
penelitiannya adalah survei. Subjek dalam penelitian ini murid kelas
V SDN 08 Toho yang berjumlah 27 orang dan guru (peneliti) yang
mengajar dikelas V SDN 08 Toho. Teknik data yaitu teknik observasi
langsung sedangkan alat pengumpul data yang digunakan checklist,
teknik studi dokumenter, tehnik pengukuran tertulis, data dianalisis
secara kualitatif. Hasil pengamatan peningkatan kemampuan membaca
murid pada pembelajaran yaitu rata-rata 65,56% pada siklus I
meningkat menjadi 73,70% pada siklus II. Hal ini menunjukan
peningkatan menggunakan madia gambar proses pembelajaran bahasa
indonesia dikelas kelas V SD Negeri 08 Toho dinyatakan meningkat.
Kata kunci: Kemampuan, Bahasa Indonesia, Media Gambar
Abstract: Improved Ability Reading Comprehension Story Content
Using Media Images On Student In Class V Elementary School
District 08 Toho. This study aims to determine the increase in reading
comprehension story content using media images on the Grade V
pupils in Primary School 08 Toho. The method used is descriptive
method research design while the class action is a form of survey
research. Subjects in this study fifth grade students of SDN 08 Toho,
amounting to 27 people and teachers (researchers) are taught in class
V SDN 08 Toho. Data Engineering ie direct observation techniques,
while the data collection tool used checklist, study techniques
documentary, written measurement techniques, the data were analyzed
qualitatively. The observation improved reading skills in students
learning an average of 65.56% in the first cycle increased to 73.70% in
the second cycle. This image shows increased use madia learning
Indonesian Elementary School fifth grade class 08 declared Toho
increased.
Keywords: Ability, Indonesian language, Media Images
Menggunakan Media Gambar Pada Murid Kelas V Di Sekolah Dasar
Negeri 08 Toho. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan membaca pemahaman isi cerita
menggunakan media gambar pada murid kelas V di Sekolah Dasar
Negeri 08 Toho. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan rancangan penelitian tindakan kelas sedangkan bentuk
penelitiannya adalah survei. Subjek dalam penelitian ini murid kelas
V SDN 08 Toho yang berjumlah 27 orang dan guru (peneliti) yang
mengajar dikelas V SDN 08 Toho. Teknik data yaitu teknik observasi
langsung sedangkan alat pengumpul data yang digunakan checklist,
teknik studi dokumenter, tehnik pengukuran tertulis, data dianalisis
secara kualitatif. Hasil pengamatan peningkatan kemampuan membaca
murid pada pembelajaran yaitu rata-rata 65,56% pada siklus I
meningkat menjadi 73,70% pada siklus II. Hal ini menunjukan
peningkatan menggunakan madia gambar proses pembelajaran bahasa
indonesia dikelas kelas V SD Negeri 08 Toho dinyatakan meningkat.
Kata kunci: Kemampuan, Bahasa Indonesia, Media Gambar
Abstract: Improved Ability Reading Comprehension Story Content
Using Media Images On Student In Class V Elementary School
District 08 Toho. This study aims to determine the increase in reading
comprehension story content using media images on the Grade V
pupils in Primary School 08 Toho. The method used is descriptive
method research design while the class action is a form of survey
research. Subjects in this study fifth grade students of SDN 08 Toho,
amounting to 27 people and teachers (researchers) are taught in class
V SDN 08 Toho. Data Engineering ie direct observation techniques,
while the data collection tool used checklist, study techniques
documentary, written measurement techniques, the data were analyzed
qualitatively. The observation improved reading skills in students
learning an average of 65.56% in the first cycle increased to 73.70% in
the second cycle. This image shows increased use madia learning
Indonesian Elementary School fifth grade class 08 declared Toho
increased.
Keywords: Ability, Indonesian language, Media Images
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats