ANALISIS MOTIVASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK UMUM DENGAN TK ISLAM SE-KECAMATAN PONTIANAK KOTA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan tingkat motivasi belajar anak kelompok B di TK umum dengan TK Islam Se-Kecamatan Pontianak Kota.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kuantitatif. Sampel penelitian adalah 86 anak kelompok B di TK Umum dan 146 anak kelompok B di TK Islam se-Kecamatan Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi dan interview. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan metode rata-rata dan uji test t.Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung (Equal Variance not Assumed) adalah -1.385. Tabel distribusi dicari pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (N1+N2-2) = (86+146-2) = 230 maka diperoleh t table sebesar 1,960. Dapat disimpulkan t hitung ˂ t table (-1.385˂ 1,960) maka ditolak dan diterima, artinya perbedaan basic sekolah tidak menjadi pengaruh terhadap motivasi belajar anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan tidak terdapatnya perbedaan yang signifikan antara tingkat motivasi belajar anak kelompok B di TK Umum dengan TK Islam Se-Kecamatan Pontianak Kota Tahun 2016.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, TK Umum, TK Islam
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23134
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats