PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Iwin Daryani, Zainuddin ., Suryani .

Abstract


Abstrak: Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, bersifat kolaboratif, jenis penelitian adalah kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik. Hasil observasi pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada setiap siklusnya mengalami peningkatan berdasarkan indikator kinerja. Ini ditunjukan pada peningkatan setiap aspek kemampuan peserta didik menulis karangan dalam hal keutuhan, kepaduan, serta ejaan dan tanda baca pada siklus I dan siklus II. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi.

Kata kunci: Menulis, Media Gambar, Bahasa Indonesia

Abstract: Narative Essay Writing Upgrades Indonesian Learning by Using Media Image Series on Students This study aims to improve students ability to write a narrative essay. This research uses descriptive method, a form of research that is classroom action research, collaboratively, kind study is qualitative, the subjects in this study were students. The observation of teaching writing narrative essays using the media image series at each cycle has increased based on performance indicators. This is shown on cohesion, as well as spelling and punctuation in the first cycle and second cycle. This suggests that learning to use the media image series can improve the ability to write a narrative essay.

Key Words: Writing, Media Image, Indonesian Language


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats