PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MAN 2 PONTIANAK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi di Kelas XII IPS Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Masalahnya adalah apakah ada pengaruh lingkungan belajar (di sekolah) terhadap keaktifan siswa?. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi hubungan. Sampelnya berjumlah 52 siswa diambil dari 3 kelas XII IPS menggunakan random sampling dari jumlah populasi 110 responden. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tujuan untuk memaparkan secara objektif mengenai pengaruh lingkungan belajar terhadap keaktifan siswa. Menggunakan alat pengumpul data yaitu daftar angket untuk siswa, pedoman wawancara untuk Guru mata Pelajaran Ekonomi kelas XII IPS. Sedangkan pengolahan datanya adalah melakukan perhitungan dengan Program SPPS dengan analisis faktor dan teknik analisis regresi linear bergada. Diuji dengan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan lingkungan belajar (di sekolah) terhadap keaktifan siswa (F=6,356 > 2,80) bahwa F hitung besar dari F tabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.. Hasil tersebut menyatakan bahwa Lingkungan Belajar (di sekolah) dengan indikator lingkungan kelas, lingkungan perpustakaan dan lingkungan olahraga memiliki pengaruh terhadap keaktifan visual, oral, motor, dan emotional siswa.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Akuntansi
Abstract: This study entitled Influence of Environmental Factors Study Of Students In Learning Accounting activeness in Class XII IPS Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. The problem is whether there is influence of the learning environment (at school) on student activity ?. Form of research is the study of relationships. The sample totaled 52 students drawn from three class XII IPS using the random sampling of a population of 110 respondents. The method used is descriptive method with the aim to describe objectively about the influence of the learning environment to the students' activity. Using a data collection tool that is a list of questionnaires to students, interview guides for the eye of Master of Economics Lesson XII IPS. While the data processing is to perform calculations SPPS Program by factor analysis and linear regression analysis techniques bergada. Tested with the results showed there is a significant influence of the learning environment (in school) to the involvement of the student (F = 6.356> 2.80) that F count larger than F table which means Ha Ho accepted and rejected. The results stated that the learning environment (in school) with class environmental indicators, environmental libraries and sporting environment has an influence on the activity of visual, oral, motor and emotional students.
Keywords: learning environment, active participation by students, Learning Accounting
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i10.22689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats