PERSEPSI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGIDI KELAS XI MADRASAH ALIYAH AL-QOMAR MEMPAWAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam proses pembelajaran sosiologi di kelas XI Madrasah Aliyah Al-Qomar Mempawah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dalam bentuk penelitian survey. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 45 orang siswa kelas XI.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung, dengan alat pengumpul data berupa kuesioner/angket, wawancara dan observasi. Teknik pengolahan datamenggunakan rumus persentase untuk data angket dan analisis deskriptif kualitatif untuk data hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi atau tanggapan siswa dalam proses pembelajaran sosiologi di kelas XI Madrasah Aliyah Al-Qomar Mempawah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari masing-masing komponen dalam pembelajaran melalui hasil analisis wawancara dan observasi menunjukkan persepsi pada guru, media , metode dan evaluasi ke dalam kategorisasi cukup baik.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Proses Pembelajaran
Abstract : This study aims to determine the perceptions of students in the learning process in class XI sociology Madrasah Aliyah Al-Qomar Mempawah. The method used is descriptive method in the form of survey research. Sources of data in this study are 45 people XI. Technical grade data collection techniques used are direct communication and indirect communication techniques, with a data collector in the form of questionnaires, interviews and observation. Percentage formula data using processing techniques for data questionnaire and qualitative descriptive analysis to data from interviews and observations. The results showed that the general perception or response sociology students in the learning process in class XI Madrasah Aliyah Al-Qomar Mempawah pretty good. It can be seen from each component in learning through the analysis of interviews and observations indicate the perception of teachers, media, methods and evaluation into the categorization is quite good.
Keywords: Student Perceptions, Learning Process
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats