PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE PENOMORAN BERPIKIR BERSAMA DALAM MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 6 ANJONGAN
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe penomoranberpikirbersamapadamateri KPK dan FPB di kelasVSekolahDasarNegeri06 AnjonganKabupaten Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Kemampuan peneliti dalam merencanakan pembelajaran pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 06 Anjongan Kabupaten Pontianak sudah baik. Berdasarkan lampiran, skor rata-rata untuk RPP I sebesar 3,26, RPP II sebesar 3,58, RPP III sebesar 3,59 dan RPP IV sebesar 4. Kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 06 Anjongan Kabupaten Pontianak telah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe penomoran berpikir bersama. Skor rata-rata untuk pertemuan pertama sebesar 3,18, pertemuan kedua sebesar 3,41, pertemuan ketiga sebesar 3,81, dan pertemuan keempat sebesar 4. Berdasarkan hasil tes pada pertemuan pertama dengan skor rata-rata sebesar 76,32, pertemuan kedua dengan skor rata-rata sebesar 76,97, pertemuan ketiga dengan skor rata-rata sebesar 81,84 dan pertemuan keempat dengan rata-rata skor sebesar 87,63. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe penomoran berpikir bersama pada materi KPK dan FPB sudah baik dan dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa kelas VSDN 06 Anjongan Kabupaten Pontianak.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PenomoranBerpikir
Abstrack:The purposeof this research is to describethe application ofcooperative learning Cooperative LearningModelNumberingType ofThinkingKPKandFPBinclass V SDN 06AnjonganKabupatenPontianak. The method usedin this research isdescriptivemethod ofresearch is tostudythe form ofclassaction. The ability ofresearchersinplanning lessonson learningmathematicsinclass V SDN 06AnjonganKabupatenPontianakisgood. Based on theattachment, the average scorewas3.26forthe firstRPP, RPPIIof 3.58, 3.59andRPPIIIofIVfor4. The ability ofresearcherstocarry out thestudyon learningmathematicsinclass V SDN 06AnjonganKabupatenPontianakhas beenin accordancewiththe stepscooperative learning modelnumberingthinktogether. An average scoreof3.18forthe first meeting, a second meetingof 3.41, 3.81the third meeting, andthe fourth meetingof 4. Based on theresults oftests onthe first meetingwithan average scoreof76.32, the second meetingwithan average scoreof76.97, the third meetingwithan average scoreof81.84andfourthmeetingswithan averagescore of87, 63. This meansthe application ofcooperative learning modelnumberingthinkingalongtheKPKandFPBmaterialisgoodandcanimprovestudents'mathematicsclassroomlearning activitiesclass V SDN 06AnjonganKabupatenPontianak.
Keywords:ActivityLearning, Cooperative LearningModelNumberingType ofThinking
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats