TINJAUAN PENERAPAN PRINSIP PAIKEM PADA PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 PONTIANAK
Abstract
Pembelajaran seni tari guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan maka diperlukan suatu terobosan serta konsep yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Konsep atau desain yang nantinya akan sangat membantu pembelajaran seni tari agar lebih terarah. Rumusan masalah: bagaimana pelaksanaan?, bagaimana desain model pembelajaran?, dan bagaimana hasil yang dicapai dalam penerapan PAIKEM melalui pembelajaran seni tari pada kelas VII di MTs N 2 Pontianak ?. Tujuan dari permasalahan ialah: untuk mendeskripsikan pelaksanaan, untuk menemukan desain model pembelajaran, serta mengetahui hasil yang dicapai setelah dilakukan penerapan prinsip PAIKEM dalam pembelajaran seni tari pada kelas VII MTs N 2 Pontianak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian diantaranya: (1) dengan model pembelajaran yang baik siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, (2) dari desain model pembelajaran akan sangat membantu guru dalam memberikan materi teori maupun praktik sehingga lebih terarah, (3) Pembelajaran ini dikatakan berhasil yaitu dengan evaluasi ditiap pertemuan kemudian diadakan penilain maka diperoleh nilai siswa di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 74.
Kata Kunci: Penerapan, prinsip PAIKEM, pembelajaran seni tariFull Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats