KARAKTERISTIK TES DIAGNOSTIK SKRIPSI-SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNTAN TAHUN 2012-2015 PADA MATERI MEKANIKA

. Ariyanti

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendesripsikan perkembangan karakteristik tes diagnostik dalam skripsi-skripsi mahasiswa pendidikan fisika FKIP Untan tahun 2012-2015 khususnya pada materi mekanika pasca penelitian Mahmuda (2011). Sebanyak sebelas skripsi dipilih secara acak dan proporsional mewakili materi beberapa cabang mekanika yang menjadi sampel penelitian. Lembar observasi berisi tujuan tes, tingkat validitas dan reliabilitas, bentuk kesalahan yang digali, konsepsi awal yang dijadikan dasar dalam pembuatan tes, tingkat kesukaran soal dan tingkat keterbacaan soal sebagai alat pengumpul data. Ditemukan tingkat validitas rata-rata sebesar 3,96 dan tingkat reliabilitas tes rata-rata sebesar 0,50. Tes diagnostik dirancang khusus untuk menggali kesalahan umum yang dialami siswa berupa keliru memahami konsep dan keliru memahami hubungan antar konsep dengan tingkat kesukaran rata-rata soal sebesar 0,37 dan tingkat keterbacaan soal rata-rata sebesar 4,58 (cocok diberikan pada peserta tes dari jenjang SMP). Kualitas karakteristik tes diagnostik tidak dipengaruhi oleh IPK dan Gender. Tes diagnostik yang digunakan dalam skripsi-skripsi mahasiswa pendidikan fisika FKIP Untan pada materi mekanika tidak mengalami peningkatan. Sejak hasil penelitian Mahmuda (2011) diproses, rata-rata hanya memenuhi tiga dari enam karakteristik yang ada. Oleh karena itu, sebelum perangkat soal digunakan lagi untuk keperluan lainnya, disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan tes diagnostik terlebih dahulu agar diperoleh tes diagnostik yang memenuhi syarat tes diagnostik yang baik.

 

Kata Kunci: Karakteristik Tes Diagnostik, Tingkat Validitas, Tingkat Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Tingkat Keterbacaan, IPK, Gender.

 

 

Abstract: The purpose of this research is to describe the development of diagnostic test characteristic in students’s thesis of physic education FKIP Tanjungpura University in years 2012-2015, especially in mechanics material after Mahmuda’s researched (2011). There are eleven theses chosen  randomly and proportional take the material in some kind of mechanics that to be sample. Observation sheet contains the purpose of test, validity index and reliability index, the mistake discovered, the first construct become base on test making, the difficulty index exercise and readability index as collected data. The result of analysis data showed the average of validity index is 3,96 (high) and average reliability index is 0,50 (moderate). Diagnostic test is designed for discovered common mistake that through by student is miss understanding concept and miss relation in average of difficulty index exercise is 0,37 (moderate) and readability index is  4,58 ( it suitable gave to participant test in junior high school level). The quality of characteristic diagnostic test is not influenced by IPK and gender. Based on of result analysis diagnostic test, that diagnostic test is used in student’s thesis of physic education FKIP Untan to mechanic material can be said no changing, because the average only fill three of six characteristics diagnostic test that available. Therefore, before the device is about to use again for other purposes, it is advisable to carry out research on the development of diagnostic tests in advance in order to obtain a diagnostic test that qualifies a good diagnostic test.

 

Keywords:  Characteristics Diagnostic Tests, Validity Index, Reliability Index, Difficulty Index, Readability Index, GPA, Gender.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.