PENGGUNAAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI HUKUM ARCHIMEDES SMP

Fardalillah Nasroh

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik menggunakan experiential learning pada sub materi hukum Archimedes di SMP Negeri 1 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling sehingga 28 peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh pada uji t dengan taraf signifikansi 5%  diperoleh thitung = -(2,05) dan ttabel =1,67, dengan uji satu pihak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan experiential learning dengan pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 1 Pontianak. Dengan demikian, penggunaan experiential learning dapat meremediasi peserta didik dan diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif untuk pembelajaran materi fisika lainnya.

Kata kunci: Remediasi, Miskonsepsi, Experiential Learning.

Abstract: The purpose of this research is remediate misconceptions students’ use experiential learning in the sub material Archimedes in SMP 1 Pontianak. Method of research is the study quasi experiment with pretest-posttest control group design. Samples were obtained using random cluster sampling technique and then 28 students of class VIII C as the experimental class and 31 students in grade VIII D as the control class. The results were obtained on t test with significance level of 5% obtained t = - (2.05) and table = 1.67, with one against. These results indicate that there are significant differences between learning to use experiential learning with conventional learning in class VIII SMP 1 Pontianak. Thus, the use of experiential learning can remediate students and is expected to be used by teachers as an alternative to other learning materials physics.

Key words: Remediation, Misconceptions, Experiential Learning.

   

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.