ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS DI MA.SYARIF HIDAYATULLAH PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini tentang analisis faktor kesulitan belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi kelas XII IPS di Ma.syarif Hidayatullah Pontianak. Bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi dikelas XII IPS. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran Sosiologi dikelas XII IPS. 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi dikelas XII IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan catatan lapangan. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diperoleh: 1) Faktor Internal dan faktor eksternal. 2) Upaya guru yang sudah dilakukan berupa: bertanya kepada siswa tentang materi yang belum jelas menumbuhkan keaktifan siswa, membantu memperbaiki kebiasaan belajar siswa, dan motivasi. Upaya guru yang telah dilakukan berupa: melakukan diagnosis kesulitan belajar, memahami faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan belajar, melakukan evaluasi untuk mengetahui kesulitan belajar. 3) hasil belajar terlihat dari nilai MID ada siswa nilai ketuntasan dibawah rata-rata 70.
Kata kunci: Faktor Kesulitan belajar, Hasil Belajar
Abstract: This research is aiming to describe the difficulties of student learning to improve the achievement of sociology subject at class XII MA. Syarif Hidayatullah Pontianak. The method that used in this research is descriptive method. The purpose are 1) factor causing the difficulties of student learning sociology 2) the effort used by teacher to handle the difficulties of student learning sociology at XII 3) the result of student to learning sociology at XII. The technique are used in this research are observation, interview and documentation study. Are tool of data collecting are observation sheet, interview quiding and research record. The analysis in this research are presented in descriptive qualitative. The result of data analysis 1) internal and external factor 2) the effort had been done by teacher include ask question with matery unclear, improve student activity, help student improving their habit in learning and motivation. The teacher effort had been done to diagnosis difficulties of learning, comprehend what factor could be influence to success in learning, do evaluation to determine of learning difficulties 3) the achievement showed in mid test, there are student with less average of 70.
Keyword : The difficulties learning factor, achrevement of study.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats