ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Dewi Astuti, Wanto Rivaie, Yusuf Ibrahim

Abstract


Specifik purpose of this study study was to determine the: 1); how is the role of parent in improving students learning outcomes in class X SMK Muhammadiyah Pontianak. 2): what pitfall and problem of parents and teachers in improving student learning outcomes class X SMK Muhammadiyah pontianak. 3); Any attemt by parents and teacher to overcome obstacles faced in improving student learning outcomes class X SMK Muhammadiyah Pontianak. Research method used is descriptive method. her technique is a technique data collection observation, interviews, and documentary study. While the data collection tool was observation sheet, interview guides and field notes. The result of this study indicate that: 1); activities that the parents in guiding study to learn its still not optimal. 2); barries faced by parents in education their study learning at home are busi so parent do not have the time, beside economic factors sehigun parents are unable to provide learning facilities. 3); efforts of parent in guiding children to take the time to mengawas study and provide guidance to study. keyword : Role of Parent, Learning Outcomes.

Abstrak: Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1); Bagaimanakah peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak 2) Apa kendala dan permasalahan orang tua dan guru dalam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak 3) Apa saja upaya yang dilakukan oleh orang tua dan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan catatan lapangan. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kegiatan yang dilakukan orang tua dalam membimbing anak belajar masih belum optimal; 2) hambatan yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak belajar dirumah adalah orang tua sibuk sehingga tidak memiliki waktu, selain itu faktor ekonomi sehingga orang tua tidak dapt menyediakan fasilitas belajar; 3) usaha orang tua dalam mengatasi hambatan membimbing anak adalah orang tua berusaha meluangkan waktu untuk mengawas anak dan memberikan bimbingan kepada anak

Kata kunci: Peran Orang Tua, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.