PENGARUH PQ4R BERBANTUAN KOMIK TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR MINYAK BUMI PADA SISWA SMA

Luthfie Firdausi, A. Efriyani Harun, Husna Amalya Melati

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan minat baca serta besarnya pengaruh penggunaan metode PQ4R (Preview,Question,Read, Recite, Reflect dan Review) berbantuan komik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA PGRI 1 Pontianak pada materi minyak bumi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A sebagai kelas eksperimen dan X B sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data adalah tes hasil belajar dan angket minat baca. Berdasarkan hasil olahan data, rata-rata nilai skor posttest kelas kontrol yaitu 44,28 dan rata-rata nilai skor posttest kelas eksperimen yaitu 56,06. Dengan menggunakan Uji T, diperoleh Asymp.Sig(2-tailed) sebesar 0,029 < 0,05 (kurang dari 0,05) untuk tes hasil belajar dan diperoleh Asymp.Sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (kurang dari 0,05) sehingga Ho ditolak, menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dan minat baca siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi minyak bumi. Hasil dari perhitungan Effect Size (ES) diperoleh nilai sebesar 0,57 yang menunjukkan penggunaan metode PQ4R memberikan pengaruh sebesar 21,57% terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : PQ4R, minyak bumi, hasil belajar, minat baca

 

Abstrack : This study aims to determine the difference of learning outcomes and reading interest and the effect of using PQ4R methods with media comics toward learning outcomes in ten grade of students SMA PGRI 1 Pontianak on petroleum materials. Research was used quasi-experimental with the study Nonequivalent Control Group Design. The samples of this research were students of ten grade A as experimental class and ten grade B as control class. Data collectors were the achievement test and questionnaire reading interest. Based on the results of data processing, the average score of posttest control class is 44.28, and the average score of posttest experimental classes, was namely 56.06. By using the T test, obtained Asymp.Sig (2-tailed) of 0.029 < 0,05 (less than 0.05) to test learning outcomes and obtained Asymp.Sig (2-tailed) of 0.000 < 0.05 (less than 0.05) as the result Ho refused, it shows there were differences in learning outcomes and students reading interest between the experimental class and control class on petroleum materials. The calculation result of Effect Size (ES) obtained a value was 0.57 that showed the using of PQ4R methods influenced by 21.57% toward increasing student learning outcomes.

 

Keywords: PQ4R, petroleum, learning outcomes, reading interest

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i5.19920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats