PENGEMBANGAN MODUL BERBASISMULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA STKIP MELAWI

Bernadeta Yani Ritawati, Sugiatno ., Ahmad Yani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan Menghasilkan modul yang berbasis Multirepresentasi sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di PGSD, menguji keterpakaian modul berbasis multirepresentasi dapat dikembangkan untuk meningkatan kemampuan representasi matematis dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan. Mendeskripsikan  respon  mahasiswa terhadap modul yang berbasis multirepresentasi yang dikembangkan untuk meningkatan kemampuan representasi matematis dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan. Metode yang digunakan  adalah  penelitian  pengembangan  model  4D  yang  terdiri  dari  tahap  Define,  Design dan Develop tanpa tahap Dissemination mengingat waktu yang terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD STKIP Melawi yang berjumlah  40 mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk modul yang berbasis multirepresentasi dapat meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa STKIP Melawi, keterpakaian Keterpakaian modul berbasis multirepresentasi dalam pembelajaran  matematika, dilihat dari: (a) Validasi Ahli materi Memperoleh skor rata – rata total 3,27 dengan kreteria kualitatif baik, (b) Validasi Ahli Media Diperoleh skor  rata – rata 3, 09 dengan kreteria kualitatif baik, (c) Validasi Ahli Diperoleh skor  rata – rata 3, 4 dengan kreteria kualitatif  baik. Serta rata – rata seluruh aspek butir penilaian adalah 2, 85 yang berada pada kreteria kualitatif baik.

Kata kunci  : Multirepresentasi, Respon mahasiswa, Keterpakaian modul

Abstract : This study aims to Generate module based Multirepresentasi so that it can be used to improve the representation of Mathematical Students in the material addition and subtraction of fractions in PGSD, Test user based modules Multirepresentasi can be developed to improve the ability of Representation of Mathematical in the addition and subtraction offractions, Describe the responses of students to module based Multirepresentasi developed to improve the ability of Mathematical Representation in the addition and subtraction of fractions. The method used is the research development of the 4D model comprising the steps Define, Design and Develop without Dissemination stage given the limited time. Subjects in this study were students PGSD STKIP Melawi totaling 40 students. The result showed that the form of modules based multirepresentasi can improve mathematical ability of students STKIP Melawi, keterpakaian Keterpakaian multirepresentasi based modules in mathematics, seen from: (a) Validation Expert Obtaining materials mean score - average total of 3.27 with good qualitative criteria. (b) Validation Expert Media obtained a mean score -rata 3, 09 with good qualitative criteria. (c) Validation Expert Retrieved average score -rata 3, 4 with good qualitative criteria. As well as Average - Average all aspects of assessment items were 2, 85 which are in good qualitative criteria. 

Keywords: Multirepresentasi, student response, user module


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats