KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan profil keterampilan berpikir kritis siswa dan menentukan perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sintang pada materi Larutan Penyangga. Bentuk penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 29 siswa yang ditentukan melalui teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kategori tidak terampil, kurang terampil, terampil, dan sangat terampil dengan persentase berturut-turut 0%; 34,48%; 65,51 %; dan 0% menjadi 0%; 13,79%; 86,2%, dan 0%. Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil uji Wilcoxon. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Inkuiri Terbimbing, Larutan Penyangga
Abstract : This study aimed to describe the students critical thinking skills and determine differences in students critical thinking skills before and after the use of guided inquiry learning model students in grade XI IPA SMA Negeri 2 Sintang in the material Buffer Solution. The research method is pre-experimental design by research design One Group Pretest Posttest. The sample of this research was graders XI IPA 1 which consists of 29 students were determined through purposive sampling. . The result showed an increase in critical thinking skills of students after the implementation of guided inquiry learning model in the category of unskilled, less skilled, skilled and highly skilled with a straight percentage 0%; 34,48%; 65,51 %; and 0% to 0%; 13,79%; 86,2%, and 0%. There are differences in the students critical thinking skill based on test result Wilcoxon. It can be concluded that guided inquiry learning model can improve students critical thinking skills.
Keywords : Critical Thinking Skill, Guided Inquiry, Buffer Solution
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats