KOMPARASI KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA REGULER DENGAN PAPK PADA PERCOBAAN TITRASI ASAM BASA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan nilai praktikum yang signifikan antara mahasiswa reguler dengan PAPK dan tidak ada penilaian psikomotorik yang dilakukan ketika praktikum di laboratorium. Adanya penilaian psikomotorik tersebut dapat mengevaluasi kemampuan psikomotorik mahasiswa reguler dan PAPK. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengkomparasikan kemampuan psikomotorik mahasiswa reguler maupun PAPK dalam percobaan titrasi asam basa. Sampel yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan total sampel 48 orang mahasiswa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata kemampuan psikomotorik mahasiswa di kelas Reguler sebesar 83% dengan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata kemampuan psikomotorik mahasiswa dikelas PAPK sebesar 76% dengan kategori baik. Berdasarkan uji beda menggunakan U-Mann Whitney, tidak terdapat perbedaan antara kemampuan psikomotorik mahasiswa reguler dengan mahasiswa PAPK pada percobaan titrasi asam basa.
Kata kunci: Kemampuan Psikomotorik, Komparasi, Reguler, PAPK, Titrasi Asam Basa
Abstract: This research was motivated by the significant difference between practical value of the regular students and PAPK students and also no assessment of psychomotor done when laboratory experiments. The psychomotor assessment can evaluate their psychomotor abilities. The purpose of this research is to describe and to compare psychomotor abilities between regular students and PAPK students in acid-base titration experiment. Samples were selected based on purposive sampling with total sample of 48 students. Forms of research is descriptive. Data collector is a sheet of observation and interview guides. The results of data analysis showed an average of psychomotor abilities of students in the Regular class equal to 83% in very good category, while the average of psychomotor abilities students in PAPK class equal to 76% in good category. Based on the different test using Mann-Whitney U, there is no difference between psychomotor abilities of the regular students and PAPK students on acid-base titration experiment.
Keywords: Psychomotor Ability, Comparison, Regular, PAPK, Acid-Base Titration
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats