KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH PADA SMA MUHAMMADIYAH SAMBAS KABUPATEN SAMBAS
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap fungsi kepemimpinan kepala sekolah dalam hal : mempengaruhi, menggerakkan, mengarahkan personal sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Untuk mengungkapkan pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. Untuk menggali data dan informasi dari informan, peneliti menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumen dalam proses mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian terungkap bahwa; kepala sekolah dalam mempengaruhi personal sekolah dilakukan dengan pendekatan kepada setiap personal dan memberikan penjelasan bahwa apa yang di lakukan bertujuan untuk keberhasilan dan prestasi sekolah, kemampuan menggerakkan didukung oleh kemampuan untuk membimbing, mendorong dan membina dilakukan melalui keteladanan dan berbuat langsung, kemampuan mengatur atau mengarahkan dilakukan melalui pembagian tugas sesuai dengan tupoksinya dan memotivasi personal secara individual dan klasikal yang disesuaikan dengan waktu dan tempatnya serta bekerja” sengiyan” (bekerja ulet) dengan semboyan Jadda wa jadda.
Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Sekolah
Abstract The purpose of this study was to uncover the function of school leadership in terms of: affecting, moving, personal directing schools to improve school quality. To express these questions researchers used a qualitative research approach case study. To collect data and information from informants, the researcher uses participant observation, interviews, and documents in the process of collecting research data. Results of the research revealed that; principals in influencing personal schools should be done with the approach to every personal and explained that what is done is aimed at the success and achievements of the school, the ability to move supported by the ability to guide, encourage and nurture done by example and act immediately, the ability to control or redirect do through the division of tasks in accordance with and motivate personal tupoksinya individually and classically tailored to time and place and to work "sengiyan" (resilient work) with motto jadda wa jadda.
Keywords: Leadership, Principal, School Quality
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.18961
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats